Biaya Pendaftaran Universitas Lampung Sebesar Dua Tahun Gaji Staf

FAK. KEDOKTERAN UNILA MAHAL iKb – sp.detik. Jakarta – Anak saya yang bernama Nabilla Syafriani dengan nomor pendaftaran 310 34 0907xxx mendaftar di Universitas Lampung Fakultas Kedokteran dan mengikuti tes SNMPTN di Bandung. Setelah pengumuman hasil seleksi ternyata anak saya diterima di universitas tersebut.

Namun, alangkah terkejutnya saya melihat biaya pendaftarannya sebesar Rp 62,419,000. Padahal waktu pendaftaran tidak ada ketentuan mengenai pembayaran. Hal ini bukan hanya dialami oleh saya sendiri. Tetapi, semua yang diterima di Fakultas Kedokteran tersebut. Alangkah kecewanya kami dan anak saya pun ikut stres.

Sebagai bahan perbandingan saja. Mahasiswa yang diterima di universitas negeri lainnya seperti Universitan Padjadjaran Bandung, Universitas Andalas Padang hanya membayar sekitar 6 sampai dengan 7 juta saja bagi yang diterima melalui tes masuk SNMPTN.

Cita-cita anak harus lebih baik dari orang tuanya ternyata hanya tinggal ‘mimpi’ bagi kalangan menengah bawah. Uang sebesar tersebut di atas indentik dengan 2 (dua) tahun gaji saya.

________________

Disini kita membuktikan bahwa biaya sebanding dengan kualitas. Kualitas akan ada dari karya  intern di dalamnya yang muncul keluar, termasuk didalamnya mahasiswa/i berprestasi dan dukungan staf pengajarnya yang kompeten. Namun bagaimana hal ini bisa umum di negara kita, syarat untuk itu saja sudah terhalang oleh dana. Sekiranya, pikirkan matang-matang untuk membuat harga segitu kecuali universitas anda adalah peringkat TOP 100 di dunia dan dibidangnya. Bagaimana menurut anda?