Jangan pernah merasa tua !!

mercusuar tuaiKb – NEVER FEEL TO OLD!, hari ini iKb ingin menceritakan sebuah cerita tentang sebuah hikmat dari usia kita yang nanti nya akan tua. Sebuah mercusuar sudah sangat  tua, usang dan mulai kelihatan rapuh. Sebuah mercusuar baru yang dibangun di depannya,  mulai menertawakannya “Ah, kamu sudah usang, lapuk dan   sebentar lagi tidak akan lagi berguna” Mulanya, si mercusuar tua itu sangat bersedih…

Ia merasa sebentar lagi akan dicampakkan begitu saja, namun, meskipun demikian Ia tetap menyala dengan terang. Bahkan kualitas sinar lampunya jauh melebihi kualitas lampu mercusuar muda meskipun sudah tua. Malahan, Mercusuar tua menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi oleh orang-orang disekitarnya yang ingin menikmati cahaya nya. Kisah-kisah dan legenda bagaimana si mercusuar telah menyelamatkan ribuah kapal terus diceritakan dari mulut ke mulut Bahkan, mercusuar tua menjadi tempat persinggahan, pembelajaran dan saksi sejarah yang terus diwariskan ke generasi demi generasi. Melihat begitu banyak orang yang mengunjungi mercusuar tua, si mercusuar muda yang sombong akhirnya menjadi sedih. Tetapi, mercusuar tua menghiburnya dan berkata, “Jangan sedih. Kamu pun suatu ketika, akan menjadi seperti saya. Tetapi, pastikan kamu tetap belajar memberikan nyalamu tanpa memperhitungkan jasamu. Dan hingga tua, tetaplah menyala!’

Itulah kebijaksanaan dari sebuah mercusuar tua!

Lalu apa yang dapat kita ambil dari cerita diatas?

Menjadi tua adalah sebuah pilihan. Banyak orang yang ketika sudah tua, mulai pensiun memutuskan bahwa kontribusinya juga berakhir. Sayang sekali! sebaliknya saya pun melihat, banyak orang hebat yang ketika memasuki usia senja, ia justru bisa memberikan kontribusi yang semakin besar.

Misalkan saja, ketika perusahaan dan organisasi mencari seorang advisor, mereka cenderung mencari yang berpengalaman, mengapa? Karena banyak orang muda berilmu tetapi belum tentu mempunyai pengalaman untuk menerapkannya. Itulah keuntungan dari orang-orang yang usianya lebih senior.

Hari ini saya berguru dan berterima kasih kepada para senior dan guru-guru saya maupun sahabat-sahabat saya yang lebih juah senioritasnya. Tetapi, meskipun usia mereka senja, tetapi spirit dan semangat mereka tetap terjaga. Tetap dibutuhkan dan tetap berusaha mencari dimana ia bisa memberi kontribusi.

Semoga saja, ketika saya memasuki usia seperti Anda, spirit dan semangat saya tetap menyala-nyala!

Tua bukan berarti renta!