Kecil bukan berarti tidak berarti !!

kecil bukan berarti tidak berarti iKb – TOO SMALL TO GIVE INFLUENCE, benar. Topik artikel kita hari ini adalah tentang bagaimana sesuatu yang kecil bisa berpengaruh terhadap hal yang besar. iKb dahulu pernah membaca sebuah artikel yang unik, begini bunyinya.

Seorang anak kecil merasa bahwa dirinya terlalu kecil untuk memberikan pengaruh bagi dunia. Dia berpikir begitu banyak masalah sosial yang terjadi, tetapi dia tidak bisa apa-apa. Tidak punya uang, tidak punya kenalan, tidak punya pengaruh. Begitulah keluh si anak ini pada kakeknya. Kakeknya yang memahami persoalan cucunya ini  mengajaknya keluar rumah. Kebetulan, di luar rumah, biasanya ada banyak nyamuk ketika hari mulai gelap dan dengan tangannya, si kakek menangkap seekor nyamuk di tangannya lalu berkata, “Kamu masih ingat saat ketika kamu tidur dan seekor nyamuk seperti ini membuatmu tidak bisa tertidur?’ “Iya, Kek. Dan mengganggu sekali” “Betul sekali. Nah, kalau kamu berpikir dirimu terlalu kecil untuk memberikan pengaruh. Pikirkanlah seekor nyamuk ini!”

Lalu pesan apa yang dapat kita ambil dari kata-kata diatas, intinya adalah Jangan mengeluhkan dirimu terlalu kecil untuk memberikan pengaruh, masalahnya hanya terletak di pikiranmu, mau atau tidak mau. Ingat kembali kisah di atas,

“Jika kamu berpikir terlalu kecil untuk memberikan pengaruhmu, pikirkan bagaimana seekor nyamuk dengan tubuhnya yang begitu kecil bisa memberikan pengaruh, meski menganggu!”

Nah, nyamuk saja bisa, apalagi dirimu?