Profil Choky Sitohang

choky-sitohangiKb –  Siapa itu Choky Sitohang? Artikel kali ini akan membahas lengkap tentang siapa itu Choky Sitohang, dan bagaimana kisah perjalanan hidupnya?

Let’s check this out..

Lahir di Bandung, 10 Juli 1982. Choky Sitohang mengawali karirnya sebagai pembaca berita (sekaligus reporter atau jurnalis) di sebuah stasiun televisi swasta di tahun 2002. Well.. ada alasan tertentu mengapa choky memilih karir ini. Sejak masih berusia 4 tahun, Choky Sitohang sudah menunjukkan sifat bawel yang kerap mengundang tawa orang sekitarnya. Ia bahkan sudah hapal isi Pancasila serta fasih menyanyikan lagu Lionel Richie yang berjudul ‘Stuck On You’.

Sifat bawel Choky terus berlanjut hingga ia duduk di bangku Sekolah Menengah Umum. Sampai-sampai, pernah suatu ketika, pemilik nama lengkap Binsar Choky Victory Sitohang itu diusir seorang guru lantaran asyik mengobrol di dalam kelas.

“Saya sama teman saya Andrew dibentak “keluar”, kata guru saya waktu itu. Kita berdua juga dilempar kapur, terus yang kedua dengan penghapus,” ujarnya.

Cita-cita masa kecil, choky sangat ingin menjadi tentara, namun cita-citanya berubah ingin menjadi presenter ketika ia berusia 16 tahun. Pasalnya, kala itu, ia kagum melihat kepiawaian beberapa presenter yang dilihatnya di layar kaca,

“Senior-seniorku mas Tanto (Tantowi Yahya), Indy Barends, Ferdi bawain acara dengan cara yang menarik banget, bisa pengaruhi orang dengan kata-kata mereka. Sejak itu, aku pingin jadi seperti mereka.”

Kemudian impiannya ingin menjadi presenter mulai merangkak terwujud ketika ia terpilih menjadi salah satu penyiar Radio Oz. Dari 40 orang yang dipanggil wawancara, Choky termasuk 7 orang yang dinyatakan lulus tes. Tiga tahun di sana, Choky memutuskan untuk bekerja di Jakarta dan menjalani profesi sebagai wartawan selama 3 tahun.

Kesempatan mewujudkan cita-citanya mulai terbentang ketika ia dipercaya RCTI untuk membawakan program reality show bertajuk ‘Cepetan Donk’ sebanyak 12 episode. Namun sayang, baru beberapa episode berjalan, ia divonis sakit Hepatitis A dan harus menjalani perawatan di rumah sakit,

“Selama 10 hari saya dirawat di rumah sakit. Selama itu saya diproses sama Tuhan untuk bisa menjadi lelaki dewasa yang harus survive.”

Setelah sembuh, Choky memulai lagi semua dari nol untuk meniti karir presenternya dengan membawakan acara My World di JakTV. Nama Choky mulai menanjak setelah membawakan acara Good Morning on The Weekend bersama Ferdy Hassan. Namun dari semua acara itu, ajang Euro 2008-lah sebenarnya yang paling berjasa melejitkan namanya, meski sebelumnya Choky pernah menjadi presenter La Liga (Spanyol), FA Cup, dan Liga Italia.

Selain acara olahraga, Choky juga pernah membawakan acara lainnya, seperti Dahsyat (RCTI), Stardut 2 (Indosiar), Hits Music (RCTI), Sing A Song, serta beberapa acara penghargaan seperti Indonesian Movie Award 2008 dan Puteri Indonesia 2008.

Karir presenternya memang tengah melambung. Namun di tengah-tengah kesuksesannya, Choky masih menyimpan impian-impian besar yang lain.

“Choky pasti ingin eksis seperti senior-senior. Tapi itu semua dikembalikan kepada Tuhan. Pingin punya sekolah broadcasting dan juga pengen punya album,” ungkapnya, penuh harap.

Dalam hubungan asmaranya, saat ini Choky sedang menjalin kasih dengan Melissa Ariani. Ia bermaksud menjadikan Melissa sebagai istrinya di tahun 2010, sesuai dengan cita-cita masa kecilnya yang menikah di usia 28 tahun.

Itulah Choky, kalau Anda sering nongkrong di depan layar kaca, tampangnya yang sering wira-wiri di berbagai acara televisi pasti sudah sangat familiar bagi Anda. Bahkan kemampuannya dalam memandu berbagai acara televisi sudah tidak diragukan lagi. Tetapi, siapa yang tahu, ternyata menjadi populer seperti sekarang ini tidak melalui proses yang serba instant, tetapi melalui perjalanan yang panjang, selama 8 tahun.

Ramah, energik, dan rendah hati. Pria ini memang benar-benar jauh dari kesan sombong. Luar biasa cowok satu ini!

Rahasia Sukses Choky

Berbicara mengenai kesuksesan, Choky menanggapi dengan berkata bahwa hal yang terutama dalam kesuksesan yang diraihnya adalah penyertaan Tuhan. Ia mengakui bahwa Tuhan memang memberkatinya sehingga ia menjadi berhasil seperti saat ini. Namun, ia juga berkata bahwa ia tetap tidak boleh hanya bersantai saja, tetapi ia tetap bekerja keras dan terus belajar di dalam hidupnya. Ia juga pantang menyerah.

Choky memang tergolong pekerja keras. Ia pernah mencoba segala hal, mulai dari penyiar radio, wartawan, dan presenter. Dan diakuinya, hal yang membuatnya bertahan sampai saat ini adalah integritas dan kerendahan hati, dan kedua hal tersebut harus dimiliki setiap orang yang ingin sukses. Menurutnya, definisi sukses sebenarnya relatif. Seperti seorang office boy, ia juga bisa dikatakan sukses. Saat ia membersihkan lantai, kemudian lantai tersebut menjadi bersih dan tidak ada orang yang terpeleset, maka ia juga bisa dikatakan sukses.

Pesan Kepada Anak Muda

Choky berpesan kepada anak-anak muda, agar mereka mempunyai karakter, dan karakter tersebut harus dibentuk sejak masih muda. Apabila seseorang mempunyai karakter yang bagus pada waktu ia dewasa, ia pasti mempunyai karakter yang bagus dari masa mudanya. Dan ia juga berpesan agar anak muda mencari segala sesuatu yang mulia, dan mempunyai karakter dan prinsip yang kuat dalam hidupnya.

Mengucap Syukur dan Melayani Sesama

Choky juga mempunyai tips untuk menjadi sukses, yaitu selalu berdoa dan mengucap syukur di dalam hidupnya. Choky mengakui, ketika ia tidak berdoa, ia pasti akan merasa ada sesuatu hal yang kurang di dalam hidupnya. Selain itu, Choky berpesan agar kita hidup jangan untuk diri kita sendiri, melainkan harus hidup untuk melayani sesama kita yang membutuhkan. Ia juga berkata bahwa orang yang sukses adalah orang yang menyadari bahwa hari yang dijalaninya adalah hari yang panjang dan penuh kegiatan.

Orang yang sukses adalah orang yang pekerjaannya bukan hanya makan, minum, bermain, lalu tidur saja, melainkan orang yang melakukan banyak kegiatan di luar rumah. Andaikan di dalam rumah sekalipun, ia pasti mengetik atau melakukan hal-hal lain, seperti misalnya seorang arsitek, di rumahnya pasti ia menggambar suatu proyek dan tidak berdiam diri serta bermalas-malasan.

Jadi, pada prinsipnya, jika kita ingin sukses, mengucap syukurlah atas apa yang kita miliki, lakukan kegiatan yang bermanfaat, bukan hanya bagi diri kita sendiri, tetapi juga bagi orang lain, karena kita hidup bukan hanya untuk diri kita sendiri, tetapi kita hidup untuk melayani sesama kita.

Data Diri

Nama Lengkap : Binsar Choky Victory Sitohang

Agama : Kristen

Tanggal Lahir dan Zodiak :
Bandung, 10 Juli 1982. Cancer.

Tinggi dan Berat : 175cm, 65kg

Nama Orangtua :
alm Poltak Sitohang dan Diana Napitupulu

Makanan Kesukaan :
Martabak dan dada ayam

Hobi : Basketball, Membaca, Menyanyi

Buku Favorit :
The Purpose Driven Life, Daud

Film Favorit :
Gladiator, The Last Samurai

Lagu Favorit :
Gospel, Jazz, Soul

Pendidikan :
Alumni Komunikasi Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bung Karno Jakarta

twitter | facebook | pages