Balada World Cup 2010 – Antara Kerja dan Bola

worldcup 2010 icon indonesiaikb –  “Gue ngantuk nih….semalam begadang…!” Gak usah ditanya kenapa dia begadang…pasti nonton Piala Dunia (ah tak mungkin Pialanya yang ditonton, pasti pertandingannya….).

Apa ya bedanya, samanya, hubungannya antara bola dan kerja….? Banyak kemiripannya ya….? mau tahu? yuk.

Team Work.

Keduanya membutuhkan kerjasama, mempunyai peran masing masing (striker, goal keeper, gelandang…yang bukan gelandangan…, back). Jangan lupa masih ada satu lagi: penonton….sebagai cheerleaders nya…..Eh, ternyata masih ada lagi: wasit…(perlu juga dibina kerjasama dengan wasit…biar dimenangin..). Dikerjaan, ada sales person, ada counter sales, ada supportnya sampai OB/ OG nya.

Competition.

Lawan yang diajak berkompetisi cuma satu tim. Tapi kenyataannya bukan hanya lawan yang menjadi competitor tapi juga kawan….loh kok bisa? Lihat deh, bagaimana pemain satu team saling berkompetisi menjadi pencetak gol terbanyak….. Dilapangan bola terjadi sikut menyikut, jegal menjegal…..dipekerjaan tidak jauh berbeda….

Seharusnya sebagai team, semua harus bekerjasama untuk mencapai goal perusahaan. Kenyataannya, banyak yang sikut kiri sikut kanan, injak bawah – jilat atas….demi merebut perhatian atasan.

Bawahan yang berpotensi ditekan supaya jangan sampai mengalahkan dia….apalagi kalau berada ditempat ”basah”…….Maka jadilah dia The Untouchable”….

Peringatan.

Pemain yang berlaku kasar diberikan kartu kuning…kalau salah lagi: kartu merah. Lebih parah lagi kalau kartu merah diberikan oleh pelatihnya sendiri…langsung deh “one way ticket” …to Paris. Dikerjaan, lebih longgar….ada 3 SP (surat peringatan), yang bisa hangus setelah 3 bulan. Pemain yang kena kartu merah tidak boleh main pada laga berikutnya. Coba kalau dengan SP karyawan tidak usah masuk kerja pada hari berikutnya…enak toh…?

Tukar Tukaran.

Pemain bola tukar tukaran kaos dengan lawan setelah selesai main. Coba kalau dikerjaan, karyawan kita tukar tukaran informasi dengan kompetitor……langsung dipecat. Lebih gawat lagi kalau sampai tukar tukaran pasangan……!!

Masih banyak lagi aspek yang bisa dibahas, namun supaya tidak terlalu panjang, kita bahas hanya satu lagi: kerjaan dirumah…..

Denger denger, ada ibu ibu yang mengungsi gara gara suaminya nonton bola sampai pagi. Mau ngomel gimana gitu….daripada suami keluyuran, masih mending dirumah.

Tapi ada juga loh suaminya yang mengungsi….gara gara diomelin istri. Tapi ada juga suami yang ngungsi karena istrinya yang nonton bola sampai pagi….!! Wah, bisa kacau nih bahtera rumah tangga. Belum lagi energy suami sudah terkuras….tidak tersisa lagi untuk melakukan “tugas” sebagai suami.

Kesenangan suami….derita istri….(atau sebaliknya). Kiranya layak dipikirkan untuk ambil cuti (mana ada cuti selama itu….?) atau selektif memilih pertandingan yang mana saja yang mau ditonton…..?

Eh, kabarnya terompet Afrika yang namanya Vuvu….apa gito loh, ternyata buatan China…! Mestinya namanya diganti menjadi VuvuChina……;-))

Selamat menikmati laga 16 besar…..!! (sssst, suami istri jangan berantem dirumah ya….kalau mau berantem, dikasur aja….., dan lebih baik draw aja…..gak ada yang duluan/ belakangan mencapai (sensor)…nya…;-))

funny-worldcup-2010

[ikb]