Terapkan Internet Sehat Untuk Orang yang Anda Cintai

internet sehat files1ikb –  Begitu banyaknya berita-berita yang berisikan tentang perselingkuhan, kekerasan, perampasan, pemerkosaan dan lain sebagainya yang dipandang buruk oleh orang-orang dewasa terlintas begitu saja dengan bebas di halaman internet dan media masa lainnya, seperti televisi dan radio. Kekwatiran kitapun memuncak dengan timbulnya berita-berita dimedia massa yang tak sedap akhir-akhir ini yang melibatkan para artis pewarna dunia hiburan dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Internet merupakan media akses yang paling dekat dengan kebutuhan manusia saat ini, begitu banyak efek yang ditimbulkan dari layanan ini, bahkan media-media komunikasi umum seperti televisi dan radio sangat membutuhkan layanan ini dalam akses data mereka. Nah, tugas kita sekarang bagaimana cara kita untuk mengontrol penggunaan internet dan menerapkannya pada orang-orang yang kita cintai. Berikut beberapa tips yang ikb ingin sampaikan.

1. Perhatikan penggunaan media komunikasi pada orang-orang yang anda cintai.

Bukan untuk membuat anda menjadi seorang paranoid, tapi membijaksanakan anda dalam mengontrol waktu dan kesempatan dalam pengawasan media yang digunakan oleh orang yang anda cintai. Tersedianya teknologi yang canggih pada media elektronik saat ini membutuhkan perhatian yang cukup lebih, jika anak anda atau adik anda mempunyai Gadget yang selalu terhubung GPRS, silahkan memberinya kuota pemakaian dan perhatikan link-link yang tersimpan dalam bookmark browser gadget mereka, agar anda yakin hal apa yang anda lakukan berikutnya kepada mereka.

 

2. Gunakan Aplikasi pengawasan yang efektif

Yang dimaksud disini adalah anda harus berani menambahkan aplikasi pengawasan terkontrol pada media komunikasi mereka, seperti misalnya komputer. Pasangkan atau install aplikasi yang membantu anda ikut dalam mengontrol kegiatan dunia maya mereka, begitu banyak aplikasi pengawasan di dunia maya. ikb pun bisa menyediakan untuk anda, adapun diantaranya:

a. Parental Control Bar, bisa diunduh melalui situs resminya link, atau melalui link yang ikb sediakan untuk anda, link

b. Crawler Parental Control, bisa diunduh melalui situs resminya link, atau melalui link yang ikb sediakan untuk anda, link

c. Naomi Safe Internet, bisa diunduh melalui situs resminya link, atau melalui link yang ikb sediakan untuk anda, link

d. TechBlog, bisa diunduh melalui situs resminya  link, atau melalui link yang ikb sediakan untuk anda, link

e. K9 Web Protection, bisa diunduh melalui situs resminya link, atau melalui link yang ikb sediakan untuk anda, link

f. B-Gone, bisa diunduh melalui situs resminya  link, atau melalui link yang ikb sediakan untuk anda, link

g. File Sharing Sentinel, bisa diunduh melalui situs resminya  link , atau melalui link yang ikb sediakan untuk anda, link

h. Surfpass, bisa diunduh melalui situs resminya link, atau melalui link yang ikb sediakan untuk anda, link

 

3. Luangkan waktu untuk Diskusi

Diskusi adalah mengajak anak atau adik kita untuk bicara dan memberikan penjelasan mengenai hal hal yang belum diketahui anak. Larangan saja belum tentu cukup yang hanya akan membuat anak mempunyai rasa ingin tahu yang lebih banyak. Gunakan pola logika serta Agama dalam langkah ini.

4. Mengalihkan Aktifitas

Alihkan aktifitas mereka dari pemakaian komputer atau barang-barang yang berbau teknologi banget yang berlebihan ke aktifitas lain yang lebih bermanfaat. Tidak ada salahnya mencoba liburan ke tempat rekreasi baru, adalah hal yang menyenangkan.

5. Posisikan Peralatan

Hindari meletakkan komputer dikamar mereka yang anda cintai, biasakanlah memposisikannya di sekitar ruang terbuka agar lebih mudah anda kontrol. Namun hal ini lebih baik daripada anda membiarkan mereka menggunakan komputer umum seperti Internet Cafe atau Warung Internet. Lakukan yang terbaik demi masa depan mereka.