Yahoo Asia mengakuisisi Koprol Indonesia

JAKARTA – Kontan. Perusahaan raksasa pengelola situs online Yahoo! Inc. resmi mengakuisisi situs jejaring sosial asal Indonesia, Koprol.com. Koprol.com adalah situs jejaring sosial berbasis lokasi yang didirikan oleh perusahaan pengembang perangkat lunak, PT SkyEight.

Wakil Presiden Senior Yahoo! untuk kawasan Asia, Rose Tsou, mengatakan, pihaknya memutuskan untuk mengambil alih Koprol.com karena situs jejaring sosial asal Indonesia ini dirancang secara unik dan khusus untuk perangkat seluler. “Dalam satu tahun, mereka telah berhasil membentuk sebuah komunitas pengguna yang kuat,” katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (25/5).

Dengan adanya kekhususan dalam situs Koprol.com, kata Rose, memungkinkan orang-orang untuk berbagi informasi mengenai sebuah lokasi secara langsung melalui mesin pencari yang terdapat di dalam seluler. “Hal itu yang kemudian membuat layanan Koprol.com dapat diakses lebih banyak pengguna perangkat seluler,” katanya.

Menurut Rose, di negara-negara berkembang seperti Indonesia, pengguna seluler pada masa mendatang akan semakin bergantung pada perangkat mobile untuk berkomunikasi dan mengakses internet. Hal iitu, kata Rose, terjadi di pasar negara berkembang saat Yahoo! diperkenalkan kepada banyak pengguna baru internet.

Rose mengatakan, Yahoo! nantinya akan berkonsentrasi menyediakan konten pribadi untuk pengguna global dalam berbagai macam dan jalur akses. Data informasi yang disajikan oleh Yahoo!, kata Rose, dihimpun dari para anggota Koprol.com.

Yahoo!, kata Rose, juga akan berinvestasi mengembangkan layanan Koprol.com lainnya, seperti aplikasi terbaru untuk Blackberry. Selain itu, “Kami berharap mengumumkan lebih banyak lagi aplikasi-aplikasi mobile baru, baik yang berskala lokal maupun global dalam waktu yang akan datang,” katanya.

Sementara itu, CEO dan co-founder Koprol.com Fajar Budiprasetyo mengatakan, sejak awal pihaknya telah mempergunakan open technologies dari Yahoo! untuk pembangunan bisnis di Indonesia. Namun, kata Fajar, seiring berjalannya waktu pihaknya kemudian memperluas penawaran dari Yahoo!. “Kami sangat bersemangat menjadi bagian dari pemimpin global internet saat ini,” katanya.

Situs Koprol.com memang agak berbeda dengan situs jejaring sosial lainnya yang ada di Indonesia. Pengguna Koprol bisa memanfaatkan layanan untuk berbagi informasi, review, foto, dan informasi tambahan lainnya tentang lokasi dari tempat pengguna melaporkannya saat itu. Salah satu pendirinya, Fajar Budiprasetyo, adalah pembuat permainan online di situs jejaring sosial Facebook, Chronicles of The Fallen.

<berita | News>