Hati-hati dalam mengisi data pribadi di halaman profil facebook anda!

cnet – Privasi pemilik akun Facebook yang mudah diintip orang lain kini menjadi salah satu gunjingan besar di dunia maya.

Gara-gara itu, tak sedikit para  pengguna Facebook (Facebookers) yang kini memilih menutup akun mereka di laman jejaring sosial terkemuka itu.

Bahkan, laman harian The Financial Times, Sabtu 15 Mei 2010 menyebutkan jumlah pencarian kata yang mencari tahu “bagaimana menghapus akun di Facebook” meningkat lebih dari dua kali lipat dari pekan lalu, hingga mencapai rekor tertinggi.

Facebook pekan lalu baru menonaktifkan layanan chat setelah mereka menemukan suatu bug yang membuat seorang pengguna bisa mengintip isi percakapan teman-temannya dengan orang lain secara pribadi.

Dalam blog yang ditampilkan di laman The Guardian, Jumat 14 Mei 2010, Andrew Brown pun mengutarakan kekecewaannya kepada Facebook. “Bila Anda peduli dengan privasi Anda maupun teman-teman, jangan lagi pakai Facebook. Kita ini dianggap produknya, bukan konsumennya,” tulis Brown.

Namun, seperti ditulis The Star.com, jika anda tidak ingin ikut-ikutan untuk membunuh akun Facebook anda, setidaknya ada beberapa tindakan pencegahan yang perlu anda ambil guna menjaga privasi anda tetap aman.

1. Membuat daftar teman

Buatlah kategori “teman” dalam beberapa kelompok sesuai dengan seberapa jauh akses informasi yang bisa anda berikan bagi mereka. Misalnya, mulai dari kelompok “Pekerjaan Friends” dengan akses minimal hingga ke kelompok “Kenalan”, “Keluarga” dan “Teman Dekat” dengan akses penuh.

2. Membatasi akses ke profil

Untuk mencegah orang-orang asing mengakses halaman Anda. Sebaiknya, “Hanya Teman” yang bisa mengakses profil Anda.

3. Hapus alamat Anda dan nomor telepon

Informasi ini dapat berguna untuk teman-teman sejati Anda dan keluarga, tetapi bayangkan apa yang akan terjadi jika informasi tersebut jatuh ke tangan orang yang salah.

4. Hapus tanggal lahir lengkap di profil Anda

Identitas pencuri dapat menggunakan informasi tersebut untuk memperoleh data lebih lanjut tentang Anda. Bahkan, mereka mendapatkan akses ke bank Anda atau account kartu kredit. Jika Anda ingin mengingatkan teman-teman Anda tentang ulang tahun Anda, hapus tahun lahir anda.

5. Hati-hati saat mendaftar untuk aplikasi baru

Semuanya menyenangkan dan menarik untuk mencoba permainan dan kuis baru. Namun, jangan lupa yang kerap tidak disadari adalah mungkin anda tidak sadar berbagi semua informasi dengan “developer” yang kemudian dapat menjual data Anda.

Kembalilah ke “Privacy Settings” dan pilih “Aplikasi”, kemudian ikuti dengan “Pengaturan”. Hapus tanda centang pada kotak untuk informasi pribadi yang tidak ingin anda bagikan kepada orang lain.

Namun, menurut ahli keamanan situs web, pengguna Facebook kerap tanpa sadar mengekspos diri mereka untuk lima bahaya yang mungkin berada di luar kendali mereka. Di antaranya adalah informasi yang digunakan bersama-sama dengan pihak ketiga; malware (software berbahaya) dari iklan Facebook; serta teman sejati yang tidak sadar membuat mereka rentan.