Lindungi data pribadi pada facebook anda!!

Opsi privasi di Facebook (facebook.com)

cnet – Banyak pengguna Facebook yang hingga kini tak menyadari bahwa data-data menyangkut hal pribadi yang mereka miliki di jejaring sosial itu bisa dilihat oleh orang lain.

Tak hanya teman-teman Facebook, namun juga bisa dilihat oleh orang-orang yang bahkan bukan pengguna Facebook.

Hal itu disebabkan karena mayoritas pengguna Facebook tidak mengetahui bagaimana melakukan penyeletelan privasi di jejaring sosial terpopuler di dunia itu.

Sebuah survei terbaru Consumer Reports mengatakan, 23 persen dari pengguna Facebook tidak mengetahui kontrol privasi yang ditawarkan Facebook, atau mengaku untuk tak mau menggunakannya.

Untuk mengecek apakah data-data Facebook Anda terlihat oleh publik atau tidak, Anda perlu mampir ke sebuah situs yang menyediakan tool gratis untuk menampilkan data-data Facebook Anda yang terbuka dan bisa diakses oleh umum.  

Pada kotak pencarian di laman tersebut, kita bisa mengetikkan alamat url (subdomain) Facebook atau nomor id Facebook spesifik, lalu menekan tombol ‘Go’.

Setelah itu, aplikasi itu akan menampilkan daftar hasil pencarian, mulai dari nama depan, nama belakang, deskripsi tentang pengguna, lokasi tempat tinggal, link facebook, foto profil, lengkap link-link yang terbagi ke dalam berbagai kategori, misalnya kategori aktivitas, album, teman, grup, foto, gambar, postingan, dan lain-lain.

Seluruh informasi di tiap kategori akan ditampilkan berdasarkan pengaturan privasi Facebook pengguna yang bersangkutan. Bila penyetelan privasi sudah cukup ketat, hasil pencarian tool Zesty di kategori-kategori itu akan nihil.

Namun, bila penyetelan privasi terlalu longgar, data-data pengguna akan terlihat publik, bahkan oleh orang yang bukan pengguna Facebook sekalipun.

Pengaturan privasi yang longgar membuat postingan FB terpublikasi

Misalnya, saat link pada bagian posts diklik, dan kemudian muncul seluruh daftar postingan Facebook Anda, maka, Anda perlu memperketat setelan privasi Facebook Anda. Caranya, yakni klik link Akun di bagian pojok kanan atas lalu klik link Pengaturan Privasi.

Pengaturan privasi di Facebook memang bukan hal yang mudah. Pengguna musti bersusah payah melakukan 50 penyetelan, dengan 170 opsi yang tersedia. Menurut catatan New York Times, pernyataan privasi terbaru Facebook yang dikeluarkan tahun 2010, panjangnya 5.830 kata, meningkat tajam dari tahun 2005 yang hanya 1.004 kata.

Ini membuat pernyataan privasi Facebook jauh lebih panjang dari Flickr (384 kata), Twitter (1.203 kata), Friendster (1.977 kata), MySpace (2.290 kata), bahkan bila dibandingkan dengan konstitusi AS yang tersusun atas 4.543 kata.

“Facebook terus memanipulasi pengaturan privasi di Facebook agar mereka bisa mengambil banyak informasi dari para pengguna untuk tujuan-tujuan komersial,” kata Marc Rotenberg, Executive Director Electronic Privacy Information Center, sebuah kelompok yang mengadvokasi hak-hak konsumen.

Kepada New York Times, para analis curiga, Facebook sedang mencari celah untuk mencari keuntungan dari para pengiklan. Sebab, lebih banyak informasi dari pengguna yang dipajang di Facebook mereka, akan lebih banyak lagi Facebook bisa mendulang iklan yang relevan dengan konten informasi tersebut.