Buzz Improvement, Google respons terhadap setiap keluhan usernya

Seperti juga namanya, sebagian besar kalangan di internet terus membicarakan Google Buzz, termasuk Buzz tentang keamanan aplikasi ini serta salah kaprah tentang keterangan Google yang akan menghentikan fitur ini dari Gmail.

Untuk yang terakhir, seperti yang ditulis TechCrunch, Google tidak akan mencabut fitur Buzz dari Gmail, minimal tidak dalam waktu dekat. Tapi kemungkinan besar Google akan membuat aplikasi Buzz terpisah yang bisa digunakan di luar dari Gmail.

Dan, dengan begitu banyak feedback, komentar, kritikan, cacian, pujian serta berbagai keraguan tentang masalah privacy, Google lewat blog resminya mengumumkan beberapa perkembangan tentang Google Buzz.

Yang pertama yaitu perubahan model auto-following menjadi auto-suggest. Fitur ini muncul ketika pertama kali anda meenggunakan Google Buzz. Kini anda mempunyai kontrol untuk menentukan siapa saja yang akan di Folow dan siapa saja yang tidak.

Bagi anda yang sudah menggunakan Google Buzz, dan ingin memperbaharui daftar orang-orang yang anda follow, dalam beberapa minggu ke depan Google akan memunculkan fitur untuk mengatur following/follower mirip dengan versi yang dihadapkan pada pengguna awal Google Buzz.

Lalu, Google Buzz kini tidak akan langsung secara otomatis mengkoneksikan Buzz dengan album foto dari Picasa serta konten dari Google Reader, selain itu  Google juga akan menambahkan tab Buzz di Gmail Settings anda, sehingga memudahkan untuk mencari tab ini jika anda ingin merubah sesuatu di setting Buzz. Meskipun fitur ini sudah tersedia di bagian paling bawah akun Gmail. Google juga akan menambah link ke tab setting ini pada halaman awal untuk aplikasi Buzz, untuk memberikan pilihan, bagi user yang tidak ingin menggunakan aplikasi ini sama sekali.

Fitur lain yang juga disempurnakan antara lain, pilihan yang lebih jelas dan mudah untuk digunakan bagi user yang tidak ingin memperlihatkan daftar orang yang mereka follow di public profile mereka. Untuk lebih jelas berikut screenshoot yang diambil dari blog Google.

Fitur yang berguna untuk memblokir orang lain pun diperbaiki sehingga penggunaannya kini menjadi lebih mudah, tadinya user hanya bisa memblokir orang lain setelah mereka membuat public profile, kini user bisa memblokir siapa pun dan kapan pun, anda tinggal klik link list following anda yang ada di dekat kolom untuk menuliskan update, dan pilih siapa yang ingin di block.

Dan yang terakhir Google juga memberikan fitur tambahan untuk menunjukkan dengan lebih jelas lagi, user mana saja yang anda follow/atau follower anda yang bisa ditampilkan di public profile.

Saya sendiri terus menggunakan Buzz ini, minimal untuk menambah titik viral ke relasi saya, meski harus diakui jika relasi di Gmail dan di Twitter anda hampir sama, memang perlu memperluas jaringan relasi kembali, tapi minimal, jika user yang ada follow membuka link relasi mereka, maka relasi anda pun bisa bertambah.

Nah, bagi anda yang menyukai Google Buzz dan ingin menggunakannnya untuk mendukung produktifitas lewat extension dan add-on, seperti yang ditulis oleh Go2Web20, kini anda bisa menambahkannya dan membuat bookmarklet untuk membagikan link atau konten lain ke Buzz anda.

Buzz Extension yaitu aplikasi extension untuk browser Chrome, yang memudahkan anda membagikan konten yang sedang anda baca di web langsung ke Google Buzz anda, serta Buzz add-ons, aplikasi yang sama tapi unduk Add-ons di browser Firefox.

Extension dan add-ons ini mungkin belum mulus untuk digunakan, mengingat kemunculannya yang hanya selang beberapa hari dari kemunculan Google Buzz, tapi saya telah mencobanya untuk extension Google Chrome dan cukup mulus, meski sedikit belum terbiasa.

Oh ya, satu lagi, seperti yang ditulis TechCrunch, kini privacy untuk menyebutkan relasi anda menggunakan mention atau @ juga akan sedikit terjaga, untuk user yang telah terhubung dengan Google profile anda ketika anda menuliskan e-mail dengan awalan @ maka alamat email yang akan muncul hanya ***. Sayangnya ini tidak berlaku untuk e-mail yang tidak terhubung langsung ke Google Profile.

?ui=2&view=att&th=126f3abfa714fc67&attid=0.1&disp=attd&realattid=ii_126f3abfa714fc67&zw

?ui=2&view=att&th=126f3ac1b5493b4e&attid=0.1&disp=attd&realattid=ii_126f3ac1b5493b4e&zw

Screenshoot diambil dari Blog Google, untuk link Buzz extension di sini, untuk link Buzz add-on di sini.