kelemahan Google Buzz 16-02-2010

google.com/buzz

kelemahan Google Buzz 16-02-2010

Google Buzz, siapa yang ga tahu ama fitur terbaru dari google ini, semenjak launching di bulan Februari 2010 ini, Om google yang biasa penulis panggil memutuskan untuk terjun ke bidang Jejaring Sosial yang kata-katanya sih mau jadi pesaing berat facebook dan friendster… emang sih penulis ga ragu.. keseriusan google ini ajah dah keliatan setelah berhasil mengakuisisi kepemilikan saham dari jejaring blog twitter.com yang terkenal dari blogrool nya itu tuh..

Tapi sesuai pepatah, tak ada gading yang tak retak.. tak ada system yang tak ada “bug” (kelemahan).. ampe crash klo bisa, heheheee.. namanya juga ciptaan manusia.. ada limitnya kan?? Nah ada isu-isu(bukan isu sih, tapi berita pasti) baru-baru ini mengatakan system jejaring buzz milik google yang dipadukan di gmailnya mempunyai kelemahan tingkat kuning.. loh kok kuning sih, apa artinya…??

Didalam keamanan jaringan dan komputerisasi ada 4 tingkatan keamanan system computer, pertama hijau., kuning, merah dan hitam…nah blackslist sering disamakan dengan system keamanan yang gagal atau di blok atau sudah parah banget dan diperlukan orang-orang yang ahli seperti penulis untuk penanganannya… cieelllaaahh (sombonk…sombonkk.. )heheee, ga kok, Cuma becanda…

Nah untuk mengetahui lebih detailnya, nih penulis comot dan rangkum beritanya dari situs cnet.com – situs update teknologi informasi dan teknologi terbaru..

“ The fiasco over Buzz’s privacy settings is starting to die down now that Google has made several changes, but security experts Tuesday discovered that the Buzz for Mobile service contained a flaw that could allow hackers to run their own code on Google Buzz accounts.

Google has already patched the flaw, which was reported by SecTheory. It was a cross-site scripting vulnerability, which could have allowed an attacker to hijack a Buzz account or run a phishing scam.

Google released a statement regarding the flaw. “We fixed a vulnerability that could have affected users of Google Buzz for mobile on February 16th, hours after it was reported to us. We have no indication that the vulnerability was actively abused. We understand the importance of our users’ security, and we are committed to further improving the security of Google Buzz.”

Nah, klo bahasa indon nya mirip-mirip gini (English Computer not common english)

…heheee (sok banget gw yah) ^_^

Kegagalan system pengaturan privasi pada fitur Buzz telah diperbaiki, dan sekarang Google telah membuat beberapa perubahan, namun para pakar keamanan menemukan bahwa pada hari Selasa (16th February 2010) fitur Buzz untuk layanan Mobile masih mempunyai bug/kelemahan/cacat yang dapat memungkinkan hacker untuk menjalankan beberapa kode mereka sendiri di Google Buzz account.

Namun Google telah telah memperbaiki bug/kelemahan/cacat tersebut, seperti yang dilaporkan oleh SecTheory. Kelemahan itu dinamakan “cross-site scripting” (apa itu?? Cross-site scripting itu adalah metode dalam penyamaran antar page halaman suatu system – mudah2an pembaca bisa ngerti..heheee), yang dapat memungkinkan penyerang untuk membajak sebuah account Buzz atau menjalankan phishing scam (phishing-scam – artinya bukan mincing beneran loh, tapi ini adalah metode umpan atau random/acak cara untuk memanggil data-data yang telah diinput user yang ada di temporary page di computer user. Waduh rumit juga yah ngejelasinnya.. ha..ha..ha..)

lanjut…

Google mengeluarkan pernyataan mengenai bug itu. “Kami telah memperbaiki kerentanan yang dapat mempengaruhi pengguna untuk mobile Buzz Google pada 16 Februari itu,  setelah hal itu dilaporkan kepada kami. Kami tidak memiliki indikasi bahwa kerentanan itu telah disalahgunakan. Kami memahami pentingnya pengguna kami, oleh karena itu kami berkomitmen untuk lebih meningkatkan keamanan Google Buzz. “

Intermezoo ajah..

“”gi mikir” pantesan banyak banyak account / user yang ga tahu asal dari mana asal muasal nya meng add penulis…wkwkwk (emang gw artis ape…) yah klo yang add cewek2 cantik sih ga masalah, ini ga… cowok kelang-keling smuaaa…emang gw homoo apah…hahahaaa… logikanya gini, kenalan di buzz akan mengikuti alamat kontak pada gmail kita, jadi ga mungkin dunk fans2 gw orang2 kelang-keling gitu..lagian nama mereka juga aneh2… kecuali kita sendiri yang tahu alamat email mereka…, (so stop to publishing your real email to the world even with facebook – used your secondary email) ha..ha..ha..😛

Nah begitu klo penulis mentranslated nya…ha..ha…ha… jangan aneh yah, walaupun penulis masih belajar untuk meningkatkan TOEFL penulis, penulis merasa bangga bisa berbagi ilmu kepada para pembaca smua.. yah, bangga.. bangga banged (lubang idung kembang – kempis) heheee..ok deh, artikel ini juga bisa kamu baca di blog milik penulis… ilmukelasberat.wordpress.com, huft… emang berat sih… ok see u at the next article… daghh